Cara Atasi Branjangan Yang Macet Bunyi

| komentar

Burung branjangan macet bunyi, permasalahan ini mungkin sedang terjadi pada burung branjangan peliharaan anda. Keadaan ini tentu akan membuat Anda menjadi gelisah dan khawatir, apalagi jika burung branjangan tersebut sedang Anda jadikan untuk memaster burung jenis lainnya.
menagatasi-branjangan-macet-bunyi_26454 
Bagaimana cara mengatasi burung branjangan macet bunyi? Cara mengatasi branjangan yang enggan berkicau memang sebaiknya dengan mengetahui permasalahannya secara langsung apakah karena adanya kutu, faktor lingkungan, makanan yang tidak sesuai, stress, asupan vitamin serta mineral yang kurang, dan lain sebagainya. Namun, sangat jarang kita mengetahui secara pasti penyebab burung menjadi macet bunyi. Oleh karena itu hal terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan mengevaluasi cara kita dalam merawat, baik dari segi makanan burung maupun kondisi lingkungan.
1. Kebersihan Kandang/Sangkar
Hal terpenting dalam merawat burung salah satunya adalah menjaga kebersihan kandang atau sangkarnya. Lakukan pembersihan kandang dari kotoran setidaknya 2 hari sekali, karena kandang yang kotor akan memudahkan kutu dan bakteri berkembang biak.
2. Ganti Pasir atau Batu Bata
Mengganti pasir/batubata dengan yang baru dan terbebas dari kuman, telur cacing, dan kutu. Pastikan pasir/remukan batu bata dijemur atau di goreng (tanpa min yak goreng) terlebih dahulu agar telur cacing dan kuman mati. Lakukan penggantian 2 -3 minggu sekali.
3. Burung Terkena Kutu
Branjangan yang terkena kutu biasanya akan berkelakuan gelisah. Untuk mengatasi branjangan macet bunyi akibat terkena kutu maka lakukan penyemprotan menggunakan air daun sirih pada sore hari. Jika burung sudah agak kering bulu-bulunya setelah disemprot, segera dikerodong.
4. Ganti Makanan dan Air Minum
Cek kondisi pakan dan minuman pada wadah, ganti dengan yang baru setiap harinya. Banyak pemelihara burung yang mengabaikan hal ini, sehingga sering kita jumpai kondisi wadah air minum berlumut.
5. Gantang Yang Tinggi
Jika pola rawatan yang anda lakukan sudah sesuai namun brajngan masih macet bunyi, cobalah untuk menggantangnya yang tinggi. Anda bisa mengereknya seperti burung perkutut, yang pasti gantang jauh dari tanah.
6. Belalang Sawah
Sebenarnya pakan utama burung branjangan di alam liar adalah belalang sawah, untuk itu cobalah beri belalang sawah yang berukuran kecil agar mudah dimakannya.
7. Dekatkan dengan Branjangan Betina
Secara normal burung akan bergairah bila didekatkan dengan lawan jenisnya, oleh karena itu cobalah untuk mendekatkan branjangan jantan yang macet bunyi dengan branjangan betina agar kembali bergairah dan mengeluarkan kicauannya untuk memikat sang betina.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mbah Pleci - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger