Inovasi breeding murai Raja Kudus BF: Kandang minimalis produktif dan sistem poligami asli

| komentar



BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA. Keterbatasan lahan dan pengetahuan tidak menjadi ukuran keberhasilan seseorang dalam beternak murai batu. Setidaknya hal itulah yang dialami Muhamad Sohibi (Raja Kudus Bird Farm), penangkar murai batu medan yang setiap bulannya bisa menghasilkan 20 – 30 ekor anakan. Om Sohibi merupakan sarjana lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan saat ini menjadi karyawan PT Hartono Istana Teknologi (HIT) / Polytron, Kudus,  yang memproduksi barang-barang elektronik. Di sela-sela kesibukannya sebagai karyawan, dia juga menekuni hobi beternak murai batu, yang sekaligus dapat dijadikan penghasilan tambahan cukup menjanjikan. Sedikitnya ada dua inovasi yang telah dilakukannya dalam beternak murai batu, kendati semua itu awalnya tanpa pengetahuan memadai. Ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca omkicau.com yang ingin mengikuti jejaknya. Inovasi pertama adalah bagaimana beternak murai batu di atas lahan terbatas, menggunakan material sederhana, namun pasangan induk murai batu tetap produktif. Kedua, bagaimana dia menerapkan sistem poligami asli dalam mengembangbiakkan murai batu. Keduanya akan dikupas secara detail, disertai foto-foto pendukungnya. Om Sohibin memulai beternak murai batu pada lahan terbatas sejak 2009, dengan memanfaatkan lantai dua kediamannya di Perumahan Muria Indah Kudus, Jawa Tengah. "Awalnya saya sempat beternak cucakrawa. Namun karena merasa tidak berhasil, saya banting setir ke murai [...]

Gelaran AP Jaya Cup di Pekanbaru, 30 Agustus 2015



Ikatan Pemuda Remaja Sidomulyo (IPRS) bersama AP Jaya akan mengadakan lomba burung berkicau AP Jaya Cup di lapangan Jalan Adi Soecipto, Sidomulyo, Pekanbaru, Minggu 30 Agustus 2015. Panitia yang dipimpin Om Rudianto SPd membuka lima kelas, termasuk Kelas AP (tiket Rp 150.000) dan IPRS (Rp 100.000).


Kelas AP terdiri atas kacer, kenari, lovebird, dan murai batu campuran. Adapun Kelas IPRS terdiri atas murai batu ekor hitam dan serindit. Kedua kelas ini spesial, lantaran hadiah untuk para juara berasal dari hasil penjualan tiket. Info selengkapnya dapat dilihat pada brosur berikut ini.
Brosur Lomba Burung Berkicau AP Jaya Cup, Pekanbaru, 30 Agustus 2015
Brosur bisa diunduh di Halaman Brosur Lomba Burung. Klik link tersebut sampai muncul browser baru. Cari brosur di atas dengan melihat judul lomba dan tanggal pelaksanaannya. Klik judul terpilih, sehingga muncul lagi browser baru berisi gambar brosur ukuran besar.
Selamat berlomba, jaga sportivitas dan fairplay.



Lomba Burung Berkicau PBI Terkendali di Blitar, 13 September 2015



PBI Cabang Blitar menyelenggarakan lomba burung berkicau PBI Terkendali di Kebon Rakyat Kota Blitar, Minggu 13 September 2015, mulai pukul 10.00. Panitia yang diketuai Om Sinyo Speed membuka empat kelas, dengan harga tiket mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000.

Info selengkapnya dapat dilihat pada brosur. Adapun pemesanan tiket bisa menghubungi Mr Jepang (081 252 160 564).
Brosur Lomba Burung Berkicau PBI Terkendali, Blitar, 13 September 2015
Brosur bisa diunduh di Halaman Brosur Lomba Burung. Klik link tersebut sampai muncul browser baru. Cari brosur di atas dengan melihat judul lomba dan tanggal pelaksanaannya. Klik judul terpilih, sehingga muncul lagi browser baru berisi gambar brosur ukuran besar.
Selamat berlomba, jaga sportivitas dan fairplay.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mbah Pleci - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger